Tuesday, October 4, 2016

Sejarah Perkembangan Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

1. Sejarah Perkembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
  • Sejarah Teknologi Informasi
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.

Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.

Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.

Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
  • Perkembangan Komputer
Jika kita meninjau dari sejarah perkembangan alat hitung menghitung, pada prinsipnya komputer itu sama saja dengan alat hitung. Persoalan hitung menghitung sudah dikenal oleh bangsa yang hidup beribu-ribu tahun sebelum masehi, hanya berbeda caranya dengan kita saat ini. Pada waktu itu belum ada pengertian tentang angka (1, 2, 3, dll) juga mereka belum kenal tulis menulis seperti sekarang ini.

Selanjutnya perkembangan alat menghitung ini dapat kita mulai dengan dikenalnya sejenis alat hitung yang dinamakan ABACUS (sempoa) di daratan Cina kira-kira tahun 2000 sebelum masehi. Alat hitung ini kemudian dikenal juga oleh orang-orang Timur Tengah dan bahkan sampai ke daratan
Eropa.
ABACUS (Sempoa) (2000 SM)

Pada tahun 1617 John Napiar dari Scotlandia menemukan cara hitung dengan menggunakan tabel bujur sangkar yang terdiri dari (9 x 9) kolom masing-masing berisikan angka 1 sampai angka 9 yang dikenal dengan nama NAPIER'S BONES.
NAPIER'S BONES (1617)
Tahun 1621 ditemukan Slide rule yang merupakan arah maju pada alat hitung yang bersifat mekanis.
Slide Rule (1621)
Selanjutnya pada tahun 1642 Pascal seorang ahli matematika menciptakan mesin hitung mekanis yang kemudian dikenal dengan PASCAL'S ARITHMETIC MACHINE. Alat hitung ini menggunakan alat sederhana yang berupa lempengan-lempengan bundar yang mempunyai angka 0 sampai 9, Alat ini digunakan dengan cara memutar lempengan yang berisi angka-angka tersebut.
PASCAL'S ARITHMETIC MACHINE (1642)
Tahun 1674 Gotfriend Leibnitz dari Jerman menciptakan mesin hitung yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian. Alat ini kemudian dikenal dengan nama LEIBNETZ CALCULATION MACHINE.
LEIBNETZ CALCULATION MACHINE (1674)
Selanjutnya pada tahun 1812 seorang Matematikawan dari Perancis yaitu Charles Babbage berhasil menciptakan suatu mesin hitung yang dinamakan BABBAGE CALCULATION MACHINE. Mesin yang diciptakan Babbage ini telah menggunakan konsep yang sama yang terdapat pada komputer sekarang ini. Mesin ini juga mengenal semacam stirage untuk menyimpan data. Mesin ini juga sudah sanggup melakukan perhitungan sederhana dalam Trigonometri dan Logaritma secara automatis. Karena mesin ini mempunyai suatu storage atau tempat penyimpanan maka mesin ini mampu menyimpan data atau hasil perkalian suatu operasi yang akan digunakan dalam operasi selanjutnya.
BABBAGE CALCULATION MACHINE (1812)
Tahun 1890 Herman Hollerith dari Biro Sensus Amerika Serikat menciptakan mesin punched card counting yang menggunakan punch card sebagai media datanya. Penemuan punch card ini merupakan penemuan yang gemilang dalam sejarah Komputer sehingga Herman Hollerith dijuluki Bapak Komputer modern.
Punched Card (1890)
Selanjutnya pada tahun 1944 Howard Aiken dari Harvard University yang bekerja sama dengan International Business Machines (IBM), berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu melakukan serentetan operasi Aritmatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan MARK-1 dan bolehlah dikatakan sebagai komputer pertama yang diciptakan oleh manusia.
MARK-1 (1944)
J. Presper dan John W. Mauchly dari Universitas of Pensylvania merancang sebuah mesin komputer electronic yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integer and Calculator). Mesin yang melakukan operasi secara electronic ini selesai pada tahun 1945. Kemudian kedua orang inipun mengembangkan suatu mesin komputer electronic yang menggunakan angka-angka biner (binary number) dalam operasi aritmatikanya. Mesin ini dinamakan EDVAC yang selesai pembuatannya pada tahun 1952. pada tahun ini di Eropa juga di University of Cambridge telah ditemukan komputer yang sejenis yang diberi nama EDSAC.
ENIAC (1945)
EDVAC (1952)
EDSAC (1952)
UNIVAC-I adalah komputer pertama yang diperdagangkan dan dijual oleh Remington Rand pada tahun 1949. Komputer ini dibuat oleh Eckert Maughly Computer Company pada tahun 1946. Untuk masa lebih kurang 5 tahun, jenis komputer ini sangat terkenal, hingga pada tahun 1953 komputer produksi IBM muncul seperti IBM-701, kemudian disusul oleh IBM-655 yang diproduksi tahun 1954.
UNIVAC-1 (1946)
IBM-701 (1953)
IBM-665 (1954)
Saat ini telah muncul banyak pabrik yang memproduksi Komputer, baik dari daratan Eropa, Amerika, Blok Sosialis, Jepang, dan banyak negara lain lagi yang telah sanggup membuat merek komputer. Sekarang banyak kita temui komputer dengan bermacam merek dan untuk bermacam-macam kegunaannya seperti IBM, RADIO SHACK, UNIVAC, TEXAS INSTRUMENT, NEWLEWT PACKARD, NEC, APPLE, COMMODORE, CROMENCO dll.

Acer Aspire R13 (2016)
  • Perangkat Komputer
Perangkat komputer secara garis besar terdiri dari 2 bagian, yaitu Perangkat Lunak (Software) dan Perangkat Keras (Hardware).
  1. Perangkat lunak (software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
  2. Perangkat keras (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
  • Pemanfaatan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
  1. Sistem Informasi bertujuan untuk menghasilkan informasi. Sistem informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Data yang diolah saja tidak cukup dapat dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat berguna, maka informasi harus didukung oleh tiga pilar sebagai berikut: tepat kepada orangnya atau relevan (relevance), tepat waktu (timeliness), dan tepat nilainya atau akurat (accurate). Keluaran yang tidak didukung oleh tiga pilar ini tidak dapat dikatakan sebagai informasi yang berguna, tetapi merupakan sampah (garbage). Pemanfaatan SI dapat mencakup berbagai hal mulai dari Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Pemasaran, Sistem Informasi Manufaktur, Sistem Informasi Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dll.
  2. Teknologi Informasi (TI/ IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Dalam konteks bisnis, Information Technology Association of America menjelaskan; pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI)". Pemanfaatan TI/ IT pada beberapa bidang modern Teknologi Web, Bioinformatika, ''Cloud Computing'', Sistem Informasi Global, Skala Besar Basis Pengetahuan dan lain-lain.
2. Perkembangan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
  • Pemahaman Komponen Perangkat Keras
Komputer adalah serangkaian peralatan elektronika yang bergabungan/ teradu dan bekerja secara beracam-macam serta terkoordinasi oleh suatu sistem operasi. Seperangkat alat-alat elektronika yang berupa mesin=mesin/ komponen-komponen yang dapat dilihat, inilah yang disebut dengan Perangkat Keras (Hardware)


Beberapa komponen Hardware: 

1. Input

Input adalah salah satu bagian/ komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat memasukkan data maupun instruksi-instruksi kepada komputer.

Data maupun instruksi yang dimasukkan ke dalam komputer adalah data/ instruksi yang masih dalam bahasa ataupun kode-kode, sedangkan mesin komputer hanya mengenal data/instruksi tersebut jika sudah dalam bentuk kode-kode biner (bit) jadi agar komputer bisa mengenal data/ instruksi-instruksi tersebut, alat inilah yang akan melakukan terjemahan/ konversinya.

Contoh alat-alat Input:
  • Keyboard
Berfungsi memasukkan huruf, angka,    karakter khusus serta sebagai media bagi  user (pengguna) untuk melakukan  perintah-perintah lainnya yang diperlukan.
  • Mouse
Berfungsi untuk memindahkan pointer  atau kursosr secara cepat serta mengatur  posisi kursor di layar.
  • Scanner
Berfungsi untuk mengopi atau menyalin  gambar atau teks yang kemdian disimpan  dalam memori komputer. Scanner  sebenarnya terbagi atas beberapa jenis  menurut fungsinya. ada yang berfungsi memindai tulisan dan menyimpannya  dalam format teks, ada yang berfungsi  untuk memindai dan menyimpan dalam  format picture, ada pula yang berfungsi  untuk memindai warna hitam seperti yang  dilakukan alat periksa kertas ujian.

2. Proses

Proses adalah adalah alat-alat yang berfungsi mengolah data kedalam komputer setelah mengalami proses Input.

Contoh alat-alat Proses:

  • CPU (Central Processing Unit)
Sebagai otak dan pengendali proses kinerja  computer, dengan dibantu komponen  lainnya.
  • ALU (Arithmetic Logical Unit)
Berfungsi untuk melakukan suatu proses  data yang berbentuk angka dan logika,  seperti data matematika dan statistika.
  • CU (Control Unit)
Berfungsi untuk melakukan pengontrolan  dan pengendalian terhadap suatu proses  yang dilakukan sebelum data tersebut  dikeluarkan.

3. Output 

Output adalah suatu komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat mengeluarkan hasil-hasil pegolahan yang telah dilakukan oleh komputer.

Semua hasil dari pengolahan/ proses komputer ini juga merupakan kode/simbol yang masih dalam bentuk kode biner (bit), maka agar kita sebagai pemakai komputer bisa membacanya, simbol biner itu harus dikonversikan lagi kedalam bentuk bahasa yang kita kenal. 

Contoh alat-alat Output:
  • Monitor
Berfungsi menampilkan teks dan/atau gambar, baik diam atau bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan oleh grafik.
  • Printer
Untuk mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
  • Speaker

Untuk memberikan informasi dalam bentuk suara.

4. Kontrol 

Mengatur dan mengendalikan alat Input Output sangatlah penting, Unit kendali atau Control Unit (CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas bagian lainnya dari perangkat CPU.

Pada awal-awal desain komputer, CU diimplementasikan sebagai ad-hoc logic yang susah untuk didesain. Sekarang, CU diimplementasikan sebagai sebuah microprogram yang disimpan di dalam tempat penyimpanan kontrol (control store). Beberapa word dari microprogram dipilih oleh microsequencer dan bit yang datang dari word-word tersebut akan secara langsung mengontrol bagian-bagian berbeda dari perangkat tersebut, termasuk di antaranya adalah register, ALU, register instruksi, bus dan peralatan input/output di luar chip. Pada komputer modern, setiap subsistem ini telah memiliki kontrolernya masing-masing, dengan CU sebagai pemantaunya (supervisor). CU, juga berfungsi untuk bersinkronasi antar komponen.

5. Penyimpanan

Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan. Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM), yang bersifat dinamis (DRAM). Mengapa disebut Random Access, adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun demikian, kata random access dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, Read Only Memory (ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan salah satu media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke dalam Random Access Memory.
RAM (Random Access Memory)
ROM (Read Only Memory)
  • Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
1. Evaluasi Perangkat Lunak

Perangkat Lunak (Software) adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Pada umumnya, istilah software menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer.

Fungsi Software antara lain:
  • Mengidentifikasi program
  • Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol
  • Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien
2. Klasifikasi Perangkat Lunak:
  • Prangkat Lunak Sistem
a) Bahasa Permrograman
Bahasa Pemrograman adalah bahasa-bahasa yang dipakai oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program). 

Contoh Bahasa Pemrograman:

1. ASSEMBLER : Suatu bahasa yang lebih dekat dengan mesih (Machine Oriented Languange).
2. COBOL : Common Bussiness Oriented Language, untuk aplikasi komersil (bussiness).
3. FORTRAN : Formula Translator, untuk aplikasi ilmiah/ teknik

Menurut tingkatannya Bahasa Pemrograman digolongkan menjadi 3 macam, yaitu Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Laguage), Bahasa Tingkat Menengah (Medium Level Language) dan Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language).

b) Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah bagian software yang sangat pentin, merupakan kumpulan program yang mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan processing di dalam sistem.

Pada prinsipnya, oprating system merupakan kumpulan dari program routine dan prosedur, yang dibuat untuk memperkecil peranan manusia dalam sistem dan untuk membesar efisiensi sistem. Kemampuan Komputer beroperasi itu sangat ditentukan oleh konfigurasi dan kapasitas komputer dalam instalasi komputer. 

Contoh-contoh Sistem Operasi:
  • BOS (Basic Operating System)
  • TOP (Tape Operating System)
  • DOS (Disk Operating System)
  • OS/VS (Operating System/ Virtual Storage).
c) Utility

Kerja sebuah komputer tidak hanya ditentukan dari potensi yang ada pada perangkat kerasnya saja, tetapi juga ditentukan dari paket perangkat lunak apa yang dipergunakan. Agar kinerjanya dapat lebih tinggi lagi, maka digunakanlah utility program atau program bantu, yang bekerja simultan terhadap paket perangkat lunak utama yang digunakan.

Contoh program Utility:
  • Norton Utility
  • PC Tools
  • Mace Utility.

  • Perangkat Lunak Aplikasi
a) Aplikasi Office 
Aplikasi Office adalah sebuah paket perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor. Komponen-komponennya umumnya didistribusikan bersamaan, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan dapat berinteraksi satu sama lain. Kebanyakan aplikasi paket perkantoran terdiri dari sedikitnya sebuah pengolah kata dan sebuah lembar kerja. Sebagai tambahan, paket dapat terdiri dari sebuah aplikasi presentasi, peralatan basis data, paket grafis dan peralatan komunikasi. Sebuah paket perkantoran juga dapat memiliki sebuah klien surat elektronik dan manejer informasi pribadi atau paket groupware.

Paket perkantoran yang paling dominan saat ini adalah Microsoft Office, yang tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Apple Macintosh dan telah menjadi perangkat lunak paket perkantoran standar secara de-facto.

1. Microsoft Office Word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft.

2. Microsoft Office Excel

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel atau Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.

3. Microsoft Office PowerPoint

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.



b) Aplikasi Multimedia

Aplikasi Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Contoh Aplikasi Multimedia:
  • VLC Media Player
  • Media Player Classic
  • WinAmp
  • Macromedia
  • Corel Photo Paint
  • Adobe Photoshop
  • Power Director
  • NOTEPAD++.

c) Aplikasi Internet

Aplikasi Internet adalah sebuah perangkat lunak yang berhubungan dengan internet. Umumnya "Internet Suite" merupakan gabungan web browser, e-mail client (dilengkapi news client dan address book), download manager, HTML editor, dan IRC client.

Contoh Aplikasi Internet:
  • Netscape Communicator
  • Mozilla Application Suite, SeaMonkey and Gnuzilla
  • Opera
  • Google Chrome
  • Arachne
  • Cyberdog
  • MSN Explorer
Sumber dan Refrensi:
  • Pengenalan Komputer, Gunadarma 1996 oleh D. Suryadi H. S.
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
2016
Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern (ISI&TIM) Tugas 1

2KA23

Copyright © 2016 [Syarif Sagaf] 16115768

No comments:

Post a Comment