Tuesday, March 22, 2016

Budaya dan Sastra

1. Budaya

       Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.

           Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

            Kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan, dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

           Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku, dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

Budaya memiliki beberapa komponen, menurut ahli antropologi Cateora, yaitu :
·         Kebudayaan material
·         Kebudayaan nonmaterial
·         Lembaga sosial
·         Sistem kepercayaan
·         Estetika
·         Bahasa


2. Sastra


            Sastra (Sanskerta: शास्त्र, shastra) merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta śāstra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.

            Yang agak bias adalah pemakaian istilah sastra dan sastrawi. Segmentasi sastra lebih mengacu sesuai defenisinya sebagai sekedar teks. Sedang sastrawi lebih mengarah pada sastra yang kental nuansa puitis atau abstraknya. Istilah sastrawan adalah salah satu contohnya, diartikan sebagai orang yang menggeluti sastrawi, bukan sastra.

         Selain itu dalam arti kesusastraan, sastra bisa dibagi menjadi sastra tertulis atau sastra lisan (sastra oral). Di sini sastra tidak banyak berhubungan dengan tulisan, tetapi dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu. Pada umumnya kesusastraan dibagi menurut daerah geografis atau bahasa.


Berikut ini yang termasuk kedalam kategori Sastra adalah:
·         Novel
·         Cerita/cerpen (tertulis/lisan)
·         Syair
·         Pantun
·         Sandiwara/drama
·         Lukisan/kaligrafi


3. Kesimpulan


           Sastra mempunyai peranan penting terhadap Budaya atau Kebudayaan, Alasan utama karena sastra mempergunakan Bahasa, dan Bahasa adalah salah satu komponen penting Budaya. Sama halnya Bahasa mempunyai kemampuan untuk memahami pribadi seseorang, dan munculnya filsafat, manusia mempergunakan Bahasa. Salah satu karya sastra adalah Prosa, dalam sastra Indonesia kita mengenal jenis prosa lama dan prosa baru.

   Masalah sastra dan seni sangat erat hubungannya dengan ilmu budaya, karena materi-materi yang diulas oleh ilmu budaya ada yang berkaitan dengan sastra dan seni. Budaya Indonesia sangat menunjukkan adanya sastra dan seni didalamnya.

  Puisi adalah ekspresi pengalaman jiwa penyair mengenai kehidupan manusia,alam dan Tuhan melalui media bahasa artistik/estetik yang padu dan utuh dipadatkan kata-katanya. Hal yang menjadikan puisi itu istimewa adalah bagaimana cara penulis menyampaikan ungkapan jiwanya dengan menggunakan berbagai kata konotasi, kata ambigu, majas, kata-kata yang mencerminkan suasana, pengulangan kata, dan lain-lain. Puisi disajikan dalam bentuk yang unik dan menarik untuk dibaca. Hanya saja, puisi tidak dapat dipahami dengan mudah apa yang dimaksud atau apa yang terkandung di dalamnya. Puisi memang tidak termasuk ke dalam pengajaran ilmu budaya. Akan tetapi, terdapat suatu hubungan antara puisi dengan ilmu budaya. Puisi dapat digolongkan kedalam karya Sasta


4. Sumber dan Refrensi:
              
      ·         Ilmu Budaya Dasar, Gunadarma 1996 oleh Widyo Nugroho dan Achmad Muchji
      ·         https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
      ·         https://id.wikipedia.org/wiki/Sastra


2016
Ilmu Budaya Dasar (IBD) Tugas 3

1KA28

Copyright © 2016 [Syarif Sagaf] 16115768

No comments:

Post a Comment